Mobil untuk Angkot itu Toyota Transmover, Bukan Avanza

Toyota Banjarbaru Jakarta, KompasOtomotif - PT Toyota Astra Motor (TAM) merupakan salah satu agen pemegang merek yang dilibatkan dalam pembahasan jenis angkot terbaru. Produk TAM yang direncanakan akan disiapkan untuk memenuhi kebutuhan angkot adalah Transmover.
General Manager Executive TAM Fransiscus Soerjopranoto mengoreksi informasi yang menyebutkan pihaknya akan menyiapkan Avanza. Menurut Soerjo, Avanza akan tetap menjadi produk untuk memenuhi kebutuhan penggunaan sebagai mobil pribadi.
"Jadi (untuk angkot) bukan Avanza ya, tapi Transmover. Karena Avanza tidak dijual untuk publik transportasi," kata Soerjo kepada KompasOtomotif, Kamis (28/12/2017).
Avanza Transmover
Avanza Transmover(Aditya Maulana - Otomania)
Toyota Transmover merupakan produk yang dihadirkan untuk kebutuhan angkutan umum. Pada awalnya produk ini dihadirkan untuk memenuhuhi pemintaan para pengusaha taksi, yang membutuhkan armada dengan harga ekonomis dan perawatan yang murah.
Karena diperuntukan untuk angkutan umum, pembeli Transmover harus memiliki badan hukum. Jadi tidak bisa secara pribadi seperti mobil pada umumnya. Untuk memenuhi kebutuhan angkot, Soerjo menyatakan Organisasi Pengusaha Angkutan Darat (Organda) sudah mengusulkan agar TAM memproduksi angkot dengan formasi jok menghadap ke depan.
"Mereka meminta agar bangku di baris kedua untuk dua orang. Sehingga penumpang di baris ketiga bisa keluar masuk dengan leluasa," ucap Soerjo.

Hitung Kredit

Toyota Pilihan Anda