Hanya Bertahan Satu Tahun, Ini Alasan Toyota Hentikan Penjualan Yaris Heykers...

Promo Diskon Harga Toyota Banjarmasin Solopos.com, SEMARANG – Agen tunggal pemegang merek mobil Toyota di Indonesia, PT Toyota Astra Motor (TAM), membuat keputusan yang cukup mengejutkan dengan menghentikan penjualan Yaris Heykers.
Padahal, mobil tipe medium hatchback yang diluncurkan tahun 2017 itu cukup laris di pasaran. Sebagai gantinya, tahun ini TAM meluncurkan seri terbaru dari Yaris, yakni New Yaris atau Yaris Facelift.Area General Manager TAM, Dicky Zulkarnaen, saat sesi jumpa pers di Paragon Mall, Semarang, Kamis (22/2/2018) menyebutkan alasan menghentikan penjualan Yaris Heykers.
“Tahun ini, Yaris Heyker tidak dipasarkan. Sebagai gantinya, kami meluncurkan New Yaris. Fitur-fitur dalam Yaris Heykers sudah diakomodasi di New Yaris, tipe TRD. Jadi, New Yaris ini sudah bisa mengakomodasi keinginan konsumen yang menginginkan Yaris Heykers,” terang Dicky.
Sementara itu, Marketing Director Nasmoco Group selaku dealer utama Toyota di Jawa Tengah (Jateng) dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Hartono Dinata, menyambut optimistis hadirnya New Yaris. Ia yakin New Yaris mampu mendongkrang penjualan mobil Toyota di Jateng dan DIY, terutama dari segmen medium hatchback.
Hartono menyebutkan pada tahun 2017 lalu, Nasmoco mampu memasarkan sekitar 28.000 unit mobil Toyota. Dari total penjualan sebanyak itu, Yaris memberi kontribusi sekitar 2,9%.
“Tahun ini kami menargetkan mobil tipe Yaris mampu memberikan market share sekitar 3%. Kalau dihitung seperti itu, berarti harus ada penjualan sekitar 120-130 unit New Yaris per bulannya,” beber Hartono.
Nasmoco juga tidak mempermasalahkan jika TAM menghentikan pemasaran Yaris Heykers. Nasmoco menilai Yaris Heykers dan New Yaris sama-sama memiliki keunggulan yang bakal diminati pasar. Dari data yang dirilis Gaikindo menyebutkan tahun 2017, Toyota mampu menjual mobil tipe medium hatchback, Yaris sekitar 10.000 unit. Dari total penjualan itu, sekitar 53% merupakan tipe Heykers.
Tipe Heykers memang cukup diminati karena dianggap perpaduan antara hatchback dengan crossover dengan groundclereance mencapai 183 mm atau lebih tinggi 35 mm dibanding tipe lainnya.

Hitung Kredit

Toyota Pilihan Anda