Toyota Etios Valco Berakhir Riwayat Hidupnya

Pusat Penjulan Wira Toyota Mobil perkotaan Toyota Etios Valco dikabarkan mengembuskan nafas terakhirnya. Jalur produksinya sudah dihentikan di Indonesia, yang berujung dengan berakhirnya penjualan. Rumor itu sudah beredar sejak setahun silam. Tapi baru awal tahun ini diketuk palu.
Melihat data penjualan keseluruhan 2017 lalu dari Gaikindo, Toyota Etios Valco kurang baik performa jualannya. Selama 2017 hanya 665 unit yang berhasil dikirim ke konsumen. Angka itu turun jauh dari 2016 dengan 3.444 unit penjualan.
Executive General Manager PT Toyota Astra Motor (TAM), Fransiscus Soerjopranoto, membenarkan kalau Toyota Etios Valco sudah tak lagi diproduksi dan TAM sudah tidak menerima suplai Etios Valco dari TMMIN sejak November 2017 lalu. Meski begitu penjualan masih berlangsung, meski judulnya penghabisan sisa unit.
"Saat ini TAM masih belum menutup penjualan Etios. Dan diler masih ada 30-an unit," papar pria yang akrab disapa Suryo saat dihubungi Oto.com lewat pesan singkat. Dengan sisa unit itu dipastikan Januari ini stok sudah habis di diler-diler Toyota.
Menurut Suryo, salah satu alasan berakhirnya masa hidup Etios Valco karena daya tariknya mulai sirna, khususnya dari segi pilihan transmisi. Ya, Etios Valco cuma punya opsi transmisi manual 5-speed. "Secara model Etios sangat bagus. Mungkin yang perlu Toyota cermati adalah keinginan customer di segmen city car terhadap transmisi otomatis," paparnya. Melihat tren saat ini yang banyak permintaan transmisi otomatis, jelas Etios Valco akan semakin tertinggal.
Dashboard Etios paling sederhana
Toyota Etios Valco sendiri sudah beredar sejak 2013 silam. Beberapa tahun sejak kelahiran perdana, angka penjualannya mulai menurun. Keberagaman kompetitor di segmen city car menjadikan Etios Valco kurang bisa bersaing. Apalagi sejak kelahiran Toyota Agya dengan tawaran banderol lebih murah, menjadikannya bersinggungan dengan Etios karena spesifikasi mesin yang sama. Agya kemudian punya transmisi otomatis, yang menjadikannya lebih menarik dari Etios.
Untuk spesifikasinya, Etios Valco didukung mesin 3NR-FE, 4-silinder, 1,2 liter berdaya 80 PS dan torsi maksimum 104 Nm. Penyalur daya hanya transmisi manual 5-speed. Posisi Etios Valco berada di atas Agya, dan harga terakhir yang ditawarkan di rentang Rp 151 Juta - 178,3 juta.

Hitung Kredit

Toyota Pilihan Anda