Toyota Avanza 1.5X Crossover SUV, Pesaing Mitsubishi Xpander

Avanza Mobil Toyota Banjarmasin Penasaran sosok LMPV Toyota Avanza jadi LSUV? Kira-kira, hasilnya seperti Toyota Avanza 1.5X yang dijual di pasar Malaysia ini. UMW Toyota Motor (UMWT) yang mendistribusi merek ini di Malaysia membeberkan ke publik dengan memperkenalkan Avanza 1.5X. Mobil yang dibanderol sekitar Rp 290 jutaan itu, adalah Avanza yang diberi tambahan kosmetik sehingga kelihatan lebih tangguh bak LSUV. Ini sebetulnya yang dilakukan Honda terhadap BR-V, yang dibangun dari LMPV Mobilio. Namun dalam kasus BR-V peningkatannya lebih menyeluruh.
Sejatinya, Toyota Avanza 1.5X merupakan modifikasi aksesori bodi kit dari Avanza 1.5G. Model Crossover dibari tambahan lapisan atau cladding di seluruh bagian bawahnya. Mulai dari depan menyambung ke samping hingga belakang. Warnanya hitam seperti yang biasa ditemui pada crossover SUV. Di bagian depan, tepatnya di bawah lampu kabut, ada lampu LED siang hari. Masih di cladding depan, di bemper atau di bawah grille, ada sejenis skid plate palsu berwarna silver agar tampil tangguh.
Bingkai pada kaca samping dan bagian pilar B, C dan D juga dilapis warna hitam untuk memberi efek atap mengambang. Di bagian atap tak ketinggalan roof rail ala SUV, meski sepertinya hanya berupa hiasan tanpa ada fungsi. Bagian belakang tak banyak berubah. Selain dari cladding dan skid plate palsu agar sesuai wajahnya, ada reflektor lampu pada tailgate yang seolah menyambung dengan lampu belakang vertikal.
Kaki-kaki menggunakan pelek alloy 16 incimultispoke kombinasi dua warna. Dengan ukuran itu, ruang rumah roda menjadi terlihat lebih besar yang memberi nuansa penampilan SUV. Ada juga lencana huruf 'X' dekat fender roda depan. Sementara bagian dalam, tampaknya tidak ada yang diubah, hanya opsional untuk meningkatkan headunit menjadi layar sentuh dengan dukungan sistem DVD-AVX atau DVD-AVN.
Bergaya SUV atau biasa disebut Crossover memang jadi pendekatan kekinian. Ketangguhan mobil khas SUV yang diterapkan pada desain kosmetik ataupun peningkatan ground clearance jadi salah satu cara menarik peminat. Maklum saja, selera pengguna yang butuh kendaraan dengan daya jelajah tinggi kian kuat. Mitsubishi saja sampai menampilkan Low MPV-nya, Xpander, bergaya Pajero Sport. 
Veloz modifikasi tampak sporti
Toyota Avanza X Hadir di Indonesia? Kenapa tidak. Buktinya mobil serupa pernah mejeng sebagai versi konsep di tanah air, tepatnya pada GIIAS 2016. Namanya kala itu adalah Avanza Tigre, sebuah penerapan gaya SUV karya desainer PT Toyota Astra Motor (TAM). Apalagi, Innova saja sukses dibuat seperti ini dengan varian Venturer. (Tom-Van/Van)

Hitung Kredit

Toyota Pilihan Anda