Toyota Pamer Teknologi yang Bisa Membuat Mobil `Berkomunikasi`

Toyota Pamer Teknologi yang Bisa Membuat Mobil `Berkomunikasi` Toyota dan Lexus baru saja meluncurkan sebuah teknologi canggih yang mereka sebut dengan teknologi Dedicated Short-Range Communications (DSRC) system. Rencananya, mereka mulai menyematkan sistem ini ke beberapa model yang dipasarkan di Amerika Serikat pada 2021.

Adapun kendaraan yang mengadopsi sistem ini memungkinkan mereka untuk berbagi informasi, misalnya mengenai kecepatan dan lokasi dengan kendaraan lain (Vehicle to Vehicle), serta dengan sejumlah infrastruktur (Vehicle to Infrastructure).
Carscoops melansir, informasi yang ditangkap dengan sistem ini akan bersifat real-time yang dapat memberikan peringatan kepada pengemudi secara langsung tentang potensi bahaya yang ada di depan. Misalnya suhu ekstrem, kondisi kepadatan lalu lintas, hingga kecelakaan. Jadi, melalui peringatan yang diberikan, sangat memungkinkan pengemudi untuk mendapatkan informasi tentang sebuah ancaman di jalan sebelum mereka melihatnya.
Sistem DSRC
Sistem DSRC (Foto: dok. Carscoops)
Chief Executive Officer Toyota Motor North America, Jim Lentz, mengatakan sistem DSRC ini merupakan sebuah sistem cerdas kendaraan yang dapat menciptakan kemudahan dan kenyamanan berkendara untuk pengemudi.
“Melalui sistem DSRC, kami dapat membantu pengemudi mewujudkan masa depan dengan meminimalisir angka kematian akibat tabrakan, memperbaiki arus lalu lintas, dan meminimalisir kemacetan. Kami juga percaya bahwa dengan mengadopsi DSRC oleh semua produsen mobil tidak hanya akan membantu pengemudi sampai ke tujuan mereka dengan lebih aman dan efisien, tetapi juga dapat menjadi pondasi untuk menciptakan sistem mengemudi yang saling terhubung secara otomatis di masa depan,” ujar Lentz.
Sistem DSRC
Sistem DSRC (Foto: dok. Carscoops)
Untuk cara kerjanya sendiri, sistem DSRC akan mengandalkan tujuh saluran spektrum 5.9 GHz yang telah dialokasikan untuk Intelligent Transportation Systems dan akan terkoneksi langsung dengan smartphone pengendara. Melalui hal tersebut juga, pengemudi tak perlu repot-repot mengeluarkan biaya data seluler saat model Toyota dan Lexus berkomunikasi dengan kendaraan yang diproduksi oleh pabrikan lain.
Sementara model pertama yang akan dibubuhkan dengan teknologi DSRC ini akan dilucurkan pada tahun 2021.Tapi mereka berharap pada pertengahan tahun 2020-an, 50 persen dari seluruh model yang diluncurkan sudah akan mengadopsi teknologi ini.
Sistem DSRC
Sistem DSRC (Foto: dok. Carscoops)

Hitung Kredit

Toyota Pilihan Anda