Desain Mobil Semakin Menjadi Perhatian Konsumen Indonesia



Desain mobil Toyota
Toyota C-HR

MOBIL TOYOTA CHR BANJARMASIN BANJARBARU JAKARTA – Kini sisi desain menjadi salah satu faktor penting dalam memilih mobil yang akan dibeli.
Di era modern khususnya dengan adanya pengaruh dari sosial media, konsumen Indonesia kini lebih memahami desain terlebih desain sebuah produk. Wajar apabila produsen mobil di dunia kini menghadirkan produk-produk dengan desain yang lebih menarik.
Namun jika kita lihat beberapa tahun silam, konsumen di Tanah Air lebih peduli mengenai fungsi dan kemampuan kendaraan sebelum membeli mobil. Mulai dari kapasitas kabin, bagasi bahkan kekuatan rangka dan body mobil, sehingga mobil berkapasitas 7-penumpang menjadi salah satu model paling populer di Tanah Air.
Salah satu produk yang populer yaitu Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia. Produk hasil kolaborasi Toyota dan Daihatsu ini memang banyak sekali ditemui di jalanan Indonesia karena dinilai sangat multifungsi, kuat dan irit BBM.
Meski adanya pergeseran selera konsumen di era modern, PT Toyota Astra Motor (TAM) menanggapinya secara positif.
“Sebenernya kalau kita lihat konsumen itu yang ke arah desain meningkat dari waktu ke waktu. Tetapi secara total jika dibandingkan dengan yang multifunction saya bilang masih 50:50 lah,” tutur Henry Tanoto, Vice President Director PT TAM.
Meski terjadi pergeseran selera, PT TAM yakin konsumen juga masih mempertimbangkan seluruh aspek kendaraan hingga aftersalesnya. Beberapa aspek kendaraan yang menjadi pertimbangan konsumen antara lain harga jual kendaraan, ketersediaan spare parts dan jaringan service kendaraan.
“Kadang-kadang mereka kan juga kalau mau beli aja udah nanya harga jualnya berapa? Nanti partsnya gampang atau nggak? Tetapi desain juga salah satu hal yang mereka pertimbangkan. Jadi faktornya itu banyaklah dan setiap orang kebutuhannya lain-lain. Tapi kalau konsumen Indonesia yang telah kita pelajari lebih concern ke package produk, jadi nggak cuma satu dua faktor,” tambah Henry.
Meski memiliki line-up produk yang diklaim multifungsi, Toyota juga berusaha memenuhi seluruh kebutuhan konsumen modern. Pada April 2018, Toyota membawa dan memulai memasarkan C-HR ke Indonesia.
SUV 5-seater ini memiliki desain yang sangat berbeda jika dibandingkan dengan model-model Toyota lainnya. Toyota C-HR telah menggunakan platform TNGA yang diyakini akan memberikan sensasi berkendara di kelasnya. [Amo/Ari]

Hitung Kredit

Toyota Pilihan Anda