Pengemis Pakai Toyota Fortuner, Simak Harga Mobilnya

Toyota Fortuner VRZ TRD Sportivo. April 2018. TEMPO/Daru Priyambodo
Toyota Fortuner VRZ TRD Sportivo. April 2018. TEMPO/Daru Priyambodo
TOYOTA FORTUNER BANJARMASIN BANJARBARU TEMPO.COJakarta - Wakil Gubernur Jakarta Sandiaga Uno mengungkapkan pernah memergoki pengemis yang berpura-pura miskin demi mendapatkan uang. Sandiaga mengaku heran ketika melihat kendaraan yang digunakan pengemis itu untuk pulang ternyata mengendarai Toyota Fortuner. "Saya ikuti pelan-pelan, ternyata di pojokan naik Mobil Toyota Fortuner. Berarti kan dia mampu dan tidak layak mendapatkan infak dan sedekah," ujarnya.
Toyota Fortuner adalah SUV Toyota berkapasitas 7 penumpang dengan menyasar konsumen kelas menengah. Fortuner terkenal dengan bodi yang besar dan gagah. Di segmen SUV menengah, Fortuner bersaing ketat dengan Mitsubishi Pajero Sport. Kedua saling bergantian sebagai penguasa pasar SUV.
Toyota membanderol Fortuner mulai dari Rp 467 juta hingga Rp 527,9 juta. Toyota Fortuner 4x2 2.4 G M/T Diesel Rp 467,3 juta dan Toyota Fortuner 4x2 2.4 G A/T Diesel Rp 485 juta. Fortuner termewah 2GD FTV Common Rail bermesin diesel seharga Rp 527,9 juta.
Ternyata dugaan itu meleset. Di tol Jagorawati, Fortuner mampu berakselerasi dengan cepat. Dari posisi berhenti sampai menyentuh kecepatan 100 kilometer per jam, waktu tempuhnya 12 detik. Tidak buruk untuk mesin diesel dan mobil berbotot 2,1 ton. Bodi bongsor sepanjang 4,7 meter dan tinggi 1,8 meter tak menghalangi Fortuner menembus hambatan angin dengan cepat.
Kuatnya tarikan terbukti ampuh untuk menempuh jalur naik turun sepanjang rute Cibadak – Pelabuhan Ratu yang berkelok-kelok. Kekuatan mobil ini adalah torsi puncak yang tercapai dalam putaran mesin rendah. Saat melaju dari posisi berhenti di tanjakan, tarikan langsung terasa. Manuver menyalip di tanjakan pun tak perlu menginjak gas dalam-dalam. Ini berkat torsi puncak yang tercapai di putaran mesin rendah, 1.600 – 2.000 rpm.
Namun bodi bongsor membawa efek lain: Fortuner cenderung limbung saat menikung. Kecenderungan oversteer juga terasa, karena tidak seperti versi penggerak 4 roda, model ini belum dilengkapi Vehicle Stability Control (VSC). Fitur anti limbung ini hanya tersedia di versi 4x4, saudaranya yang jauh lebih mahal, Rp 659,4 juta.
Kecenderungan limbung sebetulnya risiko dari kompromi Toyota untuk membuat Fortuner lebih nyaman. Di Fortuner versi lawas, peredam guncangan lebih kaku. Keuntungannya, mobil stabil saat menikung. Di Fortuner baru ini, peredam kejut per keong depan dan peredam belakang tipe 4-link lateral rod terasa lebih empuk. Konsekuensinya, saat melewati jalan bergelombang, atau menikung tajam, efek limbung muncul.
Efek itulah yang sangat terasa saat harus melewati trek rusak dan berlubang sepanjang Jalan Kubangkangkung menjelang kota Cilacap. Jalur sempit di pedesaan ini rusak parah penuh lubang. Di sini, Fortuner unjuk gigi karena tenaga dan rodanya yang berukuran besar (velg 18 inchi dengan ban ukuran 265/60) mampu cepat membebaskan diri dari kubangan. Namun akibatnya, guncangan sangat terasa, membuat penumpang yang duduk di bangku tengah seperti dikocok.

Hitung Kredit

Toyota Pilihan Anda